Sabtu, 17 Juni 2017

Hujan, Matahari, dan Pelangi




Andai kesusahan adalah hujandan ke senangan adalah mataharimaka kita butuh keduanya untuk bisa melihat pelangi. – begitu kalimat yang bertebaran di website, google, blogger, tumblrataupun situs tulis menulis lainnya.

Kalimat ini hampir semua orang sepakat membenarkannya. Tapi bagi saya sedikit berbeda.

Kita, saat mendapat sebuah musibahbencanaujian atau apapun itu pasti membuat perasaanhati dan jiwa kita menjadi sedihgalau dan gundah. Semua terasa seperti menolak kitasemua terasa seperti kutub negative bagi kita. Tidak ada yang berestidak ada yang seimbang. Pokoknya semua menjadi mendunglalu turun hujan. Banyak tulisan sedih yang makna sesungguhnya bersembunyi di balik kata hujan. Yahujan sama dengan kesedihan.


Apa banyak orang yang ketika sedih menjadi kurang semangatIyyapBanyakbanyak sekali malahdan mungkin saya salahsatunya. Mengurung dirijauh dari orangmelakukan hal yang tidak bermanfaatbahkan mungkin ibadahnya mentjadi berkurang. Kesedihan memang menjadi senjata andalan setan untuk menghasut kita. Membuat kita berfikiran yang tidak-tidak terhadap Yang Maha Mengetahui. Berburuk sangka terhadapNya. Dan kegiatan yang seperti itu sama sekali tidak ada manfaatnyabahkan malah menambah daftar dosa kitaLalu bagaimana kalau kita syukuri saja kesedihan ituBagaimana kalau kita belajar menghadapi kesedihan dengan rasa syukur kepada Sang Maha Mengetahui. Syukuri saja ketika sedihcoba ingatkapan kamu produktif menulis (bagi penulis), atau produktif menciptakan lagu (bagi composer). Pasti sebagianbesar pada saat sedih bukanpada saat galaubukan? Syukuri itu. Kalau tidak mengalami kesedihanbagaimana mungkinsebuah tulisan sedih mendayu menjadi begitu hidupbegitunyata. Sebuah lagu sedih bisa membuat kita meneteskan air mata saat mendengarnya karena ia dibuat dengan ketulusan hatimungkin composernya pernah mengalami hal tersebut sehingga lagu itu begitu nyataLaluYa… mari kita syukuri semua ituMari hadapi hujan kesedihan dengan sinar syukur. Jadi bagi sayaMatahari sama dengan rasa syukur.

Kesedihanjika kita hadapi dengan rasa syukur pasti akan terasa lebih ringanKarena kita yakini semua kesedihan itu ada hikmahnyaada makna di dalamnya. Seperti janji Allah SWT dalam surah Al-Insyirah “Maka sesungguhnya bersamakesulitan itu ada kemudahan. Sesungguhnya bersama kesulitan itu ada kemudahan”. Dibalik kesedihan pasti ada kesenangansyukuri.

Tulisan-tulisan sedih itulagu-lagu sendu itujika dibaca atau didengar orang banyak dan respon mereka baguspasti hati kita akan merasa bahagiabukankesedihan yang disyukuri akan menghasilkan kebahagiaanSama hal nya hujanjika tidak ada mataharitidak akan ada pelangikarena pelangi akan terjadi apabila cahaya mengalami pembiasaan ketika cahaya matahari terkena air hujanJadi bagi sayaPelangi samadengan kebahagiaan.

Setelah mendapat hujan (kesedihan), lalu kita beri cahaya matahari (bersyukur)maka akan menghasilkan pelangi (kebahagiaan).

Ini hanya opini sayajuga pengingat untuk saya pribadi saat saya membaca ulang.

Terima Kasih sudah singgah. #Ingatkansayauntuktetapmenulis. :)

1 komentar:

  1. Tulisannya amburadul. Maafkan. Mungkin kesalahan hp saya. Nanti kalau dapat wifi untuk laptop akan saya perbaiki. InsyaAllah

    BalasHapus