Senin, 14 Mei 2012

Teka-Teki Bahasa Makassar

Hari ini aku dapat teka-teki baru dari kawanku, katanya ini teka-teki sudah lama, jaman SD. tapi karena waktu jaman kejayaan teka-teki ini aku di Bone, yang notabene bahasanya bahasa bugis yaaa teka-teki berbahasa Makassar ini gak pernah kudengar.
selesai ujian Final BJTM (Bahasa Jepang Terpadu Menengah), aku ke Himpunan, disana udah banyak tomodachi yg nongkrong, salah "duanya" mereka yang memebeberkan teka-teki ini.
awalnya sih cuma debat dengan kata "JUKU" yang dalam bahasa bugis artinya daging dan bahasa Makassarnya Ikan. tiba-tiba "Pak Ketua Himpunan" bertanya (inimi teka-tekinya) -->

JUKU APAYYA TENA BUKUNNA?

lama, gak ada yang bisa jawab, tapi teman saya "anti" bilang kalau dia pernah dengar ini, katanya dia cuma lupa jawabannya, aahhhhh paling dia juga memang gak tahu, pura-pura aja... (hahaha Damai sobat... ^^V. aku tahu kok, kau yang terbaik dalam hal teka-teki... :D) . tanpa "ngegaet" penghuni himpunan saat itu, banyak yang ikutan mikir mendengar teka-teki itu. dan akhirnya nyerah pun terpampang di wajah kami. "Pak Ketua Himpunan" tersenyum merdeka merasa teka-tekinya susah karena tak ada yang bisa menjawabnya, yaaa dengan rasa bangga dan sedikit jiwa "kenarsisan" (maaf yaaa Pak ketua... peace deh... ^^V) akhirnya ia dengan ikhlas dan suka rela memberitahu jawabannya... teng teng dededeeeengggg.... bunyi gemuruh berdatangan (lebayymu penulis! hhahahah)

dan jawabannya adalah......


JUKU TENAYYA ASSIKOLA.... :D :p ^^


bagi anda yang kurang atau sama sekali tidak tahu artinya, anda dapat bertanya langsung pada Bapak Ketua Himpunan kami... ^^


nb:
mohon maaf bila ada kesamaan nama, tokoh dan tempat kejadian. semua ini memang kenyataan... ^^


-ILa-

2 komentar:

  1. syukurlah bkn teka0teki dr daerahku klau dr daerah ku hancur it himpunan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasi keluarmi teka tekimu saddad kalau di himpunanq... hahahah

      Hapus