Kamis, 09 Februari 2012

Souka, Soudeska, & Soudesne.


Tadi belajar BJTM (Bahasa Jepang Terpadu Menengah).  Ada hal yang saya tangkap, yaitu perbedaan penggunaan SOUKA, SOUDESKA, dan SOUDESNE.


Souka biasanya digunakan saat tiba-tiba mengingat sesuatu.
Contohnya: ada teman yang sedang belajar, kamu datang dan bertanya “apa yang kamu lakukan?” teman menjawab “belajar, besok ada ujian.” Nah disinilah kamu akan mengatakan “souka!?!” dengen ekspresi mengingat sesuatu sambil memukul jidat.


Soudeska biasanya digunakan untuk bertanya kembali guna meyakinkan diri sendiri.
Contoh: kamu sedang berada dalam ruangan, tiba-tiba datang seorang teman dan berkata “di luar hujan deras.” Kamu akan berkata “soudeska?” dengan ekspresi wajah penuh tandatanya dan kaget. Bisa jadi kamu akan segera keluar ruangan untuk memastikan apakah hujan deras sungguhan atau tidak.


Soudesne biasanya digunakan untuk menyatakan kesamaan pemahaman.
contoh: kamu dan teman kamu berada di luar ruangan kemudian teman kamu berkata “cuaca cerah yaa...” kamu akan berkata “soudesne.” Dengan ekspresi datar, tidak bertanya dan tidak kaget.


Inti dari yang saya tangkap tadi, Souka untuk sesuatu yang lupa lalu ingat kembali. Soudeska untuk ekspresi kaget. Soudesne untuk sesuatu yang sudah diketahui atau ekspresi datar.


Itu yang saya tangkap, jad jangan salahkan siapapun jika ini tidak kurang tepat, salahkan penangkapan saya... hahahahah



-ILa-

1 komentar: